RSS

Persiapan Naik Gunung

17 Des

Persiapan umum yang harus dimiliki seorang pendaki sebelum mulai naik gunung antara lain :

1. Membawa alat navigasi berupa peta lokasi pendakian, peta, altimeter [Alat pengukur ketinggian suatu tempat dari permukaan laut], atau kompas. Untuk itu, seorang pendaki harus paham bagaimana membaca peta dan melakukan orientasi. Jangan sekali-sekali mendaki bila dalam rombongan tidak ada yang berpengalaman mendaki dan berpengetahuan mendalam tentang navigasi.
2. Pastikan kondisi tubuh sehat dan kuat. Berolahragalah seperti lari atau berenang secara rutin sebelum mendaki.
3. Bawalah peralatan pendakian yang sesuai. Misalnya jaket anti air atau ponco, pisahkan pakaian untuk berkemah yang selalu harus kering dengan baju perjalanan, sepatu karet atau boot (jangan bersendal), senter dan baterai secukupnya, tenda, kantung tidur, matras.
4. Hitunglah lama perjalanan untuk menyesuaikan kebutuhan logistik. Berapa banyak harus membawa beras, bahan bakar, lauk pauk, dan piring serta gelas. Bawalah wadah air yang harus selalu terisi sepanjang perjalanan.
5. Bawalah peralatan medis, seperti obat merah, perban, dan obat-obat khusus bagi penderita penyakit tertentu.
6. Jangan malu untuk belajar dan berdiskusi dengan kelompok pencinta alam yang kini telah tersebar di sekolah menengah atau universitas-universitas.
7. Ukurlah kemampuan diri. Bila tidak sanggup meneruskan perjalanan, jangan ragu untuk kembali pulang.

 

* Kesiapan Mental

Mental amat berpengaruh, karena jika mentalnya sedang fit, maka fisik pun akan fit, tetapi bisa saja terjadi sebaliknya. Untuk mengetahui keadaan mental seseorang dalam kondisi fit atau tidak memang tidak mudah. Tentunya yang lebih memahami keadaan mental ini adalah diri kita sendiri. Kesiapan mental secara pribadi akan sangat berpengaruh pada kondisi tim. Jika kesiapan mental tidak dalam kondisi fit alangkah baiknya jika tidak memaksakan diri.

 

* Kesiapan Fisik

Beberapa latihan fisik yang perlu kita lakukan, misalnya : Stretching /perenggangan [sebelum dan sesudah melakukan aktifitas olahraga, lakukanlah perenggangan, agar tubuh kita dapat terlatih kelenturannya]. Jogging (lari pelan-pelan) Lama waktu dan jarak sesuai dengan kemampuan kita, tetapi waktu, jarak dan kecepatan selalu kita tambah dari waktu sebelumnya. Latihan lainnya bisa saja sit-up, push-up dan pull-up Lakukan sesuai kemampuan kita dan tambahlah porsinya melebihi porsi sebelumnya.

 

* Kesiapan Administrasi

Mempersiapkan seluruh prosedur yang dibutuhkan untuk perijinan memasuki kawasan yang akan dituju.

 

* Kesiapan Ketrampilan dan Pengetahuan

Pengetahuan untuk dapat hidup di alam bebas. Kemampuan minimal yang perlu bagi pendaki adalah pengetahuan tentang navigasi darat, survival serta EMC [emergency medical care] praktis.

 

Berikut Beberapa Persiapan :
1. Carilah informasi yang lengkap dan mendetail mengenai tempat yang akan anda tuju
2. Siapkan Peta kalau ada
3. Cari juga isu-isu yang sedang berkembang di sana untuk untuk kemananan anda
4. Rencanakan berapa hari anda akan pergi
5. Siapkan Kompas dan peta jalur yang akan anda lewati
6. Cobalah untuk mengetahui tempat masyarakat terdekat yang bisa anda hubungi
7. Bawalah alat komunikasi yang bisa mendukung anda untuk berkomunikasi pada jarak tersebut. (Jika HP pilihlah simcard yang mempunyai daya jangkau luas)
8. Bawalah alat keamanan (pisau, pisau lipat, golok, pistol, senter beserta baterai cadangan)
9. Informasikan tentang rencana anda kepada orang-orang terdekat anda dirumah
10. Buatlah perencanaan aktivitas anda ketika sudah sampai dilokasi
11. Kemaslah barang sesimpel mungkin. Tentukan carrier yang enak dipakai dan tidak terlalu besar
12. Lebih baik mendirikan tenda tidak lebih dari jam 5, biar bisa bikin camp yang nyaman, nyari kayu bakar dan bikin api sebelum gelap
13. Jika terjadi kabut tebal atau hujan lebat dan ada anggota yang kedinginan maka disarankan cari tempat berlindung kemudian masak atau makan, jika ada makanan yang siap langsung makan. Bikin lingkaran, lindungi anggota yang tampak lemah. Jangan biarkan ada yang tidur. Jika tidak ada tempat berlindung maka perlindungan bisa dibuat dengan mendirikan tas carrier melawanarah angin, gunakan ponco atau fly sheet untuk membuat atap dan berlindung di bawahnya kemudian nyalakan kompor untuk masak atau makan
14. Jangan segan2 menyapa pendaki lain, siapa tau sewaktu2 kita butuh pertolongan mereka
15. Jangan menyepelekan perhitungan logistik
16. Jangan mudah panik kalau tersesat, cari saja jalan setapak yg paling besar (meskipun bukan jaminan, karena kadang2 jalan kelihatan besar karena seringnya orang tersesat di jalan itu)

 

Kesiapan Mental :
Jangan meremehkan kondisi mental karena mental amat berpengaruh, karena jika mentalnya sedang fit, maka fisik pun akan fit, tetapi bisa saja terjadi sebaliknya. Untuk mengetahui keadaan mental seseorang dalam kondisi fit atau tidak memang tidak mudah. Tentunya yang lebih memahami keadaan mental ini adalah diri kita sendiri. Kesiapan mental secara pribadi akan sangat berpengaruh pada kondisi tim. Jika kesiapan mental tidak dalam kondisi fit alangkah baiknya jika tidak memaksakan diri.

 

Yang Harus (rekomendasi) Dibawa :
1. Senter
2. Rain Coat (jas hujan)
3. Air Putih
4. Kompor
5. Tenda
6. Tali / Tampar
7. Snack
8. Minuman Suplemen jika diperlukan (ex : pocari sweat tapi yang serbuk)
9. Garam
10. Hiking Boots (sepatu daki)
11. Kompas (GPS bisa)
12. Obat P3K
13. Balsem
14. Tablet Pemurni Air
15. Perban
16. Gula Merah / Coklat
17. Pisau
18. Korek
19. Antis
20. Roti tawar dengan selai yg manis dan keju, mengeyangkan dan pasokan lemak tubuh tercukupi, di gunung udara dingin, lemak sangat bermanfaat untuk menghangatkan
21. Kacang, juga fungsi yg sama seperti keju
22. Tensokrap
23. Antibiotik
24. Betadine
25. Matras
26. Carrier
27. Kantung Plastik
28. Sleeping Bag
39. Tenda
30. Camera
31. Payung
32. Penunjuk Waktu
33. Topi
34. Slayer
35. Cover Bag
36. Peralatan Makan
37. Teropong
38. Kartu Identitas Diri
39. kaus Kaki
40. Kaus Tangan
41. Peluit

Semoga Bermanfaat

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 17, 2012 inci Gunung Rimba, Home

 

Tinggalkan komentar